Sabtu, 14 April 2012

space atau spasi?

tadi siang sejenak pikiran saya diam dan blank untuk sesaat.sejenak saya berpikir tentang buah kata.kata yang cukup menarik bila saya renungkan sebentar.kata tersebut adalah "spasi".

kita tarik garis mundur sejenak,kalau kita mau menurut bahasa kata spasi itu berasal dari kata "space" bahasa inggris.diluar sana kata "space"lazim tercantum pada keyboard yang berfungsi sebagai pemisah dari kata.art kata "space"dalam secara harfiah adalah ruang kosong/jeda.makna yang sangat pas digunakan untuk pemisah kata.

dibahasa indonesia kata "space"juga bermakna sebagai pemisah antar kata.

namun bila kita amati lebih dalam maka akan terdapat perbedaan besar antara "space" bahasa inggris dan "space" yang digunakn untuk bahasa indonesia.

perbedaannya adalah pengucapan yang sangat berbeda.coba kita bayangkan sebentar.



untuk inggris pengucapan kata "space"adalah "spes'" dan itu berlaku untuk semua pengucapan,tidak peduli membahas angkasa atau keyboard.

untuk bahasa indonesia pengucapan kata "space" adalah "spaci/spasei/spasi"bila membahas tentang komputer atau perintah program.dan "spes"bila membahas tentang antariksa.


disini kita bisa melihat perbedaan yang sangat besar,pengucapan kata "space" dibahasa indonesia secara umum menggambarkan seakan-akan dibaca secara manual atau kalau bisa dibilang secara 'ndeso.apalagi sekarang marak berbagai iklan yang mempromosikan pembacaan kata"space" dengan pengucapan "spasi".
saya gak bisa bayangin untuk kedepannya bagaimana pengucapan bahasa asing oleh indonesia.padahal jujur dalam hati saya sangat bangga dengan indonesia karena bangsa indonesia adalah bangsa yang paling cepat beradaptasi dengan bahasa asing baik segi pengucapan maupun dari penguasaan.

banyak negara lain misalnya korea,cina,india,arab amerika,spanyol.bila mengucapkan sebuah bahasa yang berbeda dengan bahasa asli mereka terdapat perbedaan yang mencolok.cina dengan huruf R nya.india dengan intonasinya.amerika dengan geraman.namun indonesia bisa beradaptasi dengan cepat bahkan tidak terlihat dia orang asing yang belajar bahasa asing.saking fasihnya.

bangga menjadi bangsa indonesia ,

0 komentar:

Posting Komentar

chat and comment

My Great Web page
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons